SPIRULINA : Makanan Abad 21 - Rajanya Protein


SPIRULINA adalah mikro ganggang berwarna hijau kebiruan berbentuk spiral yang hidup di air tawar bersuasana basa. Seperti tumbuhan pada umumnya spirulina mengandung pigmen hijau klorofil, serta pigmen biru (phycocyanin), pigmen jingga (carotene), dan pigmen kuning (zeaxanthin). Pigmen yang terkandung dalam spirulina berfungsi sebagai antioksidan, anti-toxin dan anti kanker, membantu proses pembentukan sel darah di sumsum tulang (hematopoiesis), untuk kesehatan kulit, pemulihan sel-sel mata secara luar biasa, dan memperkuat sistem imun tubuh.

Protein memegang peranan yang penting dalam tubuh kita, dimana berjuta-juta sel tubuh kita terbentuk dari unsur protein. Spirulina kaya akan sumber protein dan nutrisi. Kandungan proteinnya 65 - 71 % terdiri atas 8 asam amino sesnsial dan beberapa asam amino non-esensial yang bila dibandingkan dengan bahan makanan dari daging yang hanya 22 % kandungan proteinnya, dan hampir 95 % tercerna dan diserap oleh pencernaan.

Gamma Linoleic Acid (GLA) yang merupakan asam lemak esensial dari spirulina dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL-low Density Lipoprotein) di dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL- High Density Lipoprotein), sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan 11 vitamin, 15 mineral dan 6 enzym dari spirulina akan menambah fungsi dalam menjaga kesehatan tubuh. kandungan salah satu vitaminnya yaitu vitamin B12 sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang hanya mengkonsumsi makanan dari bahan tumbuh-tumbuhan (vegetarian).

Spirulina (Asthrospiraa platensis) yang dibudidayakan di hawaii - USA diproses dengan menggunakan teknologi Ocean Chill Drying (proses pengeringan beku) dan telah dipatenkan, menjamin tidak terjadinya oksidasi terhadap kandungan karoten dan asam lemak sehingga kandungan zat gizinya utuh dan bertahan sampai dengan 5 tahun. Spirulina Synergy memiliki seluruh manfaat spirulina, aman dikonsumsi dengan status GRAS (Generally Recognized As Safe) dari US FDA (US Food and Drug Administration) yang bebas kandungan peptisida, herbisida dan rekayasa genetika dalam pembudidayaannya, telah memenuhi standart tertinggi dalam pengawasan mutu dengan sertifikat - ISO 9001 : 2000 serta GMP ( Good Manufacturing Practices).

Memiliki kandungan folate (68x bayam), beta caroten (25 x wortel), GLA (3x EPA), yang dapat menurunkan kolesterol jahat, vit B12 (2 x hati sapi), Calsium (10 x susu), vit E (3 x wheat germ), zat besi (58 x bayam), protein (3,5 x daging sapi), dan 15 jenis mineral. Spirulina juga mengandung potasium, zinc, magnesium, mangan, selenium dan fosfor. Spirulina bukanlah obat akan tetapi suplemen makanan yang mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Spirulina bahkan digunakan sebagai makanan astronot saat menempuh perjalanan ke angkasa luar.

Manfaat : nutrisi sempurna segala usia, melawan anemia (kurang darah), pelindung hati, sel daha putih dan sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan liver, sebagai antivirus, antioksidan melawan kanker dan tumor, mengurangi resiko stroke dan jantung, mencegah berbagai penyakit kronis, regenerasi sel dan menurunkan kolesterol LDL dan menjaga keseimbangan berat badan.

Pengakuan Beberapa Badan Dunia tentang spirulina

"Spirulina adalah makanan ideal untuk manusia" -Konferensi Pangan PBB

"Spirulina adalah makanan terbaik untuk hari esok" -Food and Agricultural Organization (FAO)

"Spirulina adalah produk alami dengan kemurnian tinggi, tidak ada efek samping walaupun dikonsumsi terus menerus, tidak ada efek toksisitas kalau dikonsumsi berlebihan (over dosis) dan mampu meningkatkan kesehatan, kebugaran dan ketahanan tubuh" -Office of the National Research Commission (USA).